Tujuan dan Pentingnya Terusan Suez Bagi Dunia Internasional

Tujuan dan Pentingnya Terusan Suez Bagi Dunia Internasional

Posted on

Terusan Suez adalah sebuah kanal air buatan manusia yang menghubungkan Laut Tengah dengan Laut Merah melintasi Tanah Genting Suez di Mesir. Terusan ini memungkinkan kapal-kapal untuk menghindari perjalanan mengelilingi ujung selatan Afrika, yang merupakan rute alternatif sebelum terusan ini dibangun. Terusan Suez adalah jalur perkapalan yang penting karena menghubungkan antara Eropa dan Asia, sehingga mengurangi waktu dan biaya perjalanan kapal di selat tersebut. Terusan Suez dibuka pada tahun 1869 dan sejak itu telah menjadi jalur perkapalan yang sangat penting dan strategis bagi perdagangan dunia.

Siapa yang membuat Terusan Suez?

Terusan Suez dibangun oleh Ferdinand de Lesseps, seorang insinyur Prancis, pada abad ke-19. Proyek pembangunan terusan ini dimulai pada tahun 1859 dengan dukungan dari pemerintah Mesir saat itu yang dipimpin oleh Said Pasha. Pembangunan terusan ini melibatkan pekerja dari berbagai negara dan memakan waktu sekitar 10 tahun untuk diselesaikan. Terusan Suez akhirnya dibuka pada tanggal 17 November 1869 oleh Ratu Victoria dari Inggris, dan sejak itu telah menjadi salah satu jalur perkapalan yang paling penting di dunia. Meskipun pembangunan terusan ini merupakan suatu prestasi teknik yang luar biasa, proyek ini juga menuai banyak kritik dan kontroversi karena melibatkan eksploitasi tenaga kerja yang kasar dan membawa dampak besar bagi lingkungan di sekitarnya.

Mengapa Terusan Suez sangat penting bagi dunia?

Terusan Suez sangat penting bagi dunia karena menghubungkan antara Laut Tengah dan Laut Merah, sehingga memungkinkan kapal-kapal untuk melintasi antara Eropa dan Asia tanpa harus mengelilingi selatan Afrika, yang merupakan rute yang lebih jauh dan berbahaya. Terusan ini merupakan jalur perkapalan yang strategis dan efisien, memotong waktu dan biaya perjalanan, serta memungkinkan perdagangan internasional antara Asia dan Eropa menjadi lebih lancar dan efisien.Tujuan dan Pentingnya Terusan Suez Bagi Dunia Internasional

Terusan Suez memperpendek waktu perjalanan kapal antara Asia dan Eropa sekitar 7.000 km dan memotong waktu perjalanan sekitar 10-15 hari dibandingkan dengan rute sebelumnya melalui Tanjung Harapan di ujung selatan Afrika. Hal ini sangat menguntungkan bagi industri perdagangan, pengiriman barang dan penumpang antara kedua benua. Selain itu, terusan ini juga menjadi jalur perkapalan yang sangat penting bagi industri minyak dunia karena memungkinkan kapal-kapal tanker untuk membawa minyak dari Timur Tengah ke Eropa dan Amerika Utara dengan lebih efisien.

Karena alasan ini, Terusan Suez telah menjadi salah satu jalur perkapalan paling penting dan strategis di dunia dan berpengaruh besar dalam perdagangan internasional dan ekonomi global. Setiap tahun, ribuan kapal berlayar melalui terusan ini membawa barang dan komoditas bernilai miliaran dolar, sehingga membuat terusan ini menjadi infrastruktur vital bagi perdagangan global dan koneksi antar negara.

Apa tujuan dari pembuatan Terusan Suez?

Tujuan utama dari pembangunan Terusan Suez adalah untuk memungkinkan kapal-kapal untuk menghindari rute perjalanan yang lebih jauh dan berbahaya melalui Selatan Afrika, serta memotong waktu dan biaya perjalanan antara Eropa dan Asia. Terusan Suez dibangun untuk memudahkan perdagangan internasional dan meningkatkan konektivitas antara dua benua, sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi dan memudahkan pergerakan manusia dan barang antar negara.

Pembangunan Terusan Suez juga merupakan bagian dari upaya modernisasi Mesir di bawah pemerintahan Said Pasha, yang ingin mengubah Mesir menjadi negara modern yang maju di bidang perdagangan dan industri. Dengan membangun Terusan Suez, Mesir dapat memanfaatkan posisi geografisnya yang strategis dan memperkuat posisinya sebagai pusat perdagangan dan transportasi global.

Selain itu, proyek pembangunan Terusan Suez juga memiliki aspek politik yang penting. Dalam konteks hubungan internasional pada masa itu, pembangunan terusan ini menjadi bukti kemampuan Mesir sebagai negara yang mandiri dan modern, serta memperkuat posisinya di antara negara-negara lain di dunia.

Secara keseluruhan, tujuan pembangunan Terusan Suez adalah untuk meningkatkan konektivitas antara Eropa dan Asia, memudahkan perdagangan internasional, mempercepat pertumbuhan ekonomi, serta memperkuat posisi Mesir di dunia internasional.

Demikianlah penjelasan tentang Terusan Suez, sebuah jalur perkapalan yang sangat penting bagi dunia internasional. Terusan Suez telah membuka peluang baru dalam perdagangan internasional, memotong waktu dan biaya perjalanan kapal antara Eropa dan Asia, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi global. Meskipun pembangunan terusan ini menuai kritik dan kontroversi, Terusan Suez tetap menjadi infrastruktur vital bagi konektivitas antar negara dan perdagangan global. Diharapkan penjelasan ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pentingnya Terusan Suez bagi dunia.

Gravatar Image
Shota Hayashi Adalah seorang blogger yang aktif sejak tahun 2012 dan suka kuliner dan traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *