cara merawat bibit tanaman yang dibeli lewat online

Cara Merawat Bibit Tanaman Yang di Beli Lewat Online

Posted on

Sekarang ini zamannya online, semua semua bisa dibeli via online. Tak terkecuali beli bibit tanaman, disamping murah beli secara online banyak varian yang bisa kita pilih. Namun banyak di antara kita yang membeli bibit tanaman di online yang mengalami kesulitan dalam merawat bibit tanaman tersebut, dikarenakan bibit tanaman tersebut stres waktu perjalanan, mungkin bisa 1 hari, 2 hari bahkan sampai berminggu minggu bibit tanaman tersebut berada dalam perjalanan. Kali ini kamu tidak salah memilih blog ini untuk cara bagaimana merawat bibit tanaman yang sudah dibeli secara online. Untuk merawat tanaman tersebut kita harus bersabar karena dalam merawat bibit tanaman tersebut butuh kesabaran yang ekstra. Berikut tips cara merawat bibit tanaman yang beli di online.cara merawat bibit tanaman yang dibeli lewat online

1. Ketika bibit tanaman yang beli di online apa yang harus kita lakukan?

Ketika bibit tanaman yang sudah datang yang harus kita lakukan adalah dengan membuka paket tersebut dengan berhati-hati, dengan cara memakai gunting atau pisau, tapi hati-hati ya jangan sampai kena batang, daun atau mungkin yang paling fatal kena akar bibit tersebut yang bisa mengakibatkan kematian. Dan juga harus hati hti dalam membukanya jangan sampai tanah di dalam paketan rusak ya.

2. Beri Vitamin bibit tanaman

Persiapkan vitamin B1 untuk tanaman, bisa dibeli secara online dengan harga 20rb an untuk 100ml, yang berfungsi untuk vitamin pada akar tanaman tersebut, rendam 5-10 menit masukan ke dalam ember, yang sudah diberi vitamin B1, dengan perbandingan 1 sendok makan/galon, jadi kasih saja 1/2 sendok makan ke dalam 1 ember ukuran sedang. Setelah direndam ke dalam ember 5-10 menit, diamkan 1 hari bibit tanaman tersebut ke tempat yang sejuk tanpa terkena sinar matahari ya, soalnya nanti bisa mati kalau terkena sinar mata hari langsung.

3. Pindahkan Ke Polybag Atau media tanam lainnya

Setelah didiamkan selama 1 hari, maka siapkan media tanam contohnya Polybag, misal tanaman yang kamu beli berukuran 50-60cm pindahkan ke polibag ukuran diameter 25cm, jika tanaman 1m pindahakan ke Polybag ukuran 40cm.  Untuk pemindahannya usahakan pada waktu pagi hari jam 6-7 pagi. Siram sampai air mengalir dibawah Polybag untuk menyatukan tanah dengan akar bibit tanaman tersebut.

4. Perawatan Bibit Tanaman

Cara merawat bibit tanaman yang sudah ditaruh polibag dengan cara cukup siram diwaktu pagi atau sore, jangan siang-siang ya, karena waktu paling bagus untuk menyiram tanaman itu pagi dan sore hari. Siram sesuai takaran jika tanah masih basah jangan siram soalnya nanti akar akan membusuk, jemur bibit tanaman baru tersebut cukup 15-30 menit waktu pagi hari jam 06.30-07.00, setelah dijemur sebentar letakkan kembali ke tempat yang teduh ya, jangan panas soalnya bibit baru belum kuat terkena sinar matahari langsung. Pindahkan bibit baru tersebut setelah 1 bulan berada di polybag, ke kebun atau pekarangan.

Demikian cara merawat bibit tanaman yang dibeli lewat online, semoga bermanfaat ya.

Gravatar Image
Shota Hayashi Adalah seorang blogger yang aktif sejak tahun 2012 dan suka kuliner dan traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *